Tips Cara Memilih Laptop atau Notebook yang Bagus dan Baik

Panduan Dasar Tips Cara Memilih laptop atau Notebook yang bagus dan baik

Sesuaikan dengan Kebutuhan
Kesalahan umum yang sering dilakukan ketika kita akan membeli notebook adalah membeli notebok dengan segala kemewahan yang ada. Apabila uang ada, itu tak masalah. Seperti kita ketahui, teknologi komputer berkembang sangat cepat. Bisa jadi notebook yang kita beli di tahun ini, akan menjadi notebook jadul di 2 tahun mendatang.

Perhatikan Dana
Pertanyaan mendasar adalah “Jika saya punya uang sekian juta, spek notebook bagaimana yang bisa saya dapat?”

Kekuatan Baterai
Notebook sangat bergantung pada baterai. Ada baiknya jika sebelum membeli periksa dulu berapa lama daya tahan baterai sebuah notebook.

Ukuran
Jika anda memiliki mobilitas tinggi maka hindari notebook yang memiliki layar wide screen. Umumnya notebook sangat portabel memiliki bobot hanya 1,9kg.

Kenyamanan
Misalnya, kenyamanan dalam penggunaan keypad atau layar yang digunakan. Karena tidak seperti komputer desktop yang komponennya bisa diganti sesuka hati.

Garansi
Ini hal yang wajib kita ketahui karena menyankut hak sebagai konsumen. Masa garansi tergantung dari model yang dibeli. biasanya 1 - 3 tahun yang berupa jasa servis gratis serta penggantian spare part gratis.

Hardware Notebook


Prosesor
Masih dikuasai oleh AMD dan INTEL.

Kategori untuk AMD :
High : AMD Turion 64X2, X3 dan keatasnya.
Medium : Turion 64 dan mobile Athlon 64.
Low : Mobile Sempron

Kategori untuk INTEL :
High : Core 2 Duo, Centrino, Core 2 Quad , Core i 7
Medium : Core Duo dan Core Solo
Low : Celeron M.

GPU
GPU difokuskan pada ATi dan nVidia. Meskipun ada yang lain seperti VIA, Intel dan SiS. Kategori GPU yang tinggi tentu harus ditebus dengan harga yang tinggi. Biasanya GPU yang tinggi untuk Gamer atau Video Editing.

Wireless LAN (Wi-Fi)
Umumnya notebook baru yang sekarang sudah menyertakan perangkat ini secara built-in. Wi-Fi yang paling umum dipakai adalah 802.11g dg kemampuan transfer data hingga 54 megabit per detik. Teknologi terbaru WI-Fi adalah 802.11n. WI-Fi ini sangat bagus, sayang belum banyak yang menyediakan

PCI ExpressCard
ExpressCard pengganti dari PCMCIA (PC Card). Kinerja lebih cepat dan bisa dicabut langsung tanpa harus mematikan notebook. Sama seperti PC Card, ExpressCard hadir dalam dua ukuran dan bisa dipakai untuk menambahkan berbagai macam periferal seperti TV Tuner, eSata, Firewire, wireless WAN, dll.

3G HDSPA

sama seperti 3G dalam ponsel, bedanya cuma tidak bisa digunakan untuk menelpon atau SMS seperti halnya ponsel. Saat ini sudah banyak laptop yang disediakan fitur ini dengan memanfaatkan kartu sim HP

Bluetooth
Kegunaan buetooth bermanfaat untuk melakukan sinkronisasi dengan ponsel,ketimbang melalui kabel data.

JENIS USER
:

Basic
Kebutuhan kebanyakan untuk : Mengetik, Email, Internet, Mendengar MP3 atau nonton Film.

Keluarga / Pelajar / Mahasiswa
Dengan kebutuhan yang lebih dari kebutuhan dasar yaitu email , mengetik, internet, nonton, game, edit audio/video. Spesifikasi yang cocok yaitu :


Pekerja Lapangan
Harus penuh fitur namum tetap portabel. Yang biasanya cocok menggunakan notebook kategori ini para wartawan. namun tidak menutup kemungkinan untuk pekerja lain.

Pekerja Multimedia dan Gamer
Merupakan kategori tertinggi karena semua dilakukan bersifat khusus terutama multimedia. Selain itu notebook juga sanggup untuk memainkan game-game terbaru dalam resolusi tinggi.

1 comment:

rumahmebeljepara said...

mkch ats infonya





http://rumahmebeljepara.com/