Manfaat Dan Khasiat Lintah Raksasa Yang Menyerang Warga

Photo lintah | gambar lintah | manfaat lintah | khasiat lintahSetelah turun ke lapangan dan melakukan penelitian terhadap lintah raksasa yang menyerang Desa Timbul Sloko, Kecamatan Sayung Demak, Kamis (9/6/2011), Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak menyatakan bahwa lintah laut tersebut ternyata bukan jenis lintah penghisap darah.

Sebelumnya Kabid Kelautan Heru Budiyono mengatakan bahwa lintah laut yang ada di pesisir Demak dapat menghisap darah manusia. Namun setelah mengambil sampel lintah untuk diteliti, pihaknya menyatakan bahwa binatang berlendir tersebut adalah sejenis molusca atau biasa disebut siput.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah melihat ciri- cirinya yaitu mempunyai dua sungut di atas kepala yang berfungsi sebagai sensor serta bersifat hermaprodit sehingga bisa berkembang biak dengan cepat.

"Kalau lintah ini termasuk binatang karnivora, makanan utamanya bukan darah, tapi bakteri dan jamur laut," terang Heru sambil menunjukan contoh lintah.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, Sebenarnya jenis lintah laut ini tidak membahayakan bagi manusia. Biasanya hidup 100 meter di bawah permukaan laut.

Fenomena munculnya lintah laut hingga ke daratan dan di sekitar pemukiman penduduk karena si lintah memasuki masa reproduksi, sehingga membutuhkan tempat untuk bertelur. Biasanya lintah akan muncul di permukaan laut dan menempel di karang-karang untuk bertelur, namun karena hempasan gelombang pasang, lintah-lintah tersebut akhirnya terbawa banjir rob hingga pemukiman warga.

Di genangan rob itulah, lintah merasa nyaman untuk bertelur. "Sekali bertelur bisa mencapai 2 juta, akan tetapi tidak semuanya menetas," jelasnya.

Menurut Heru,di balik keluhan rasa jijik dan risih terhadap banyaknya jumlah lintah laut yang kini menghuni desa mereka, sebenarnya warga bisa memanfaatkannya. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi, di mana 50 persen terdiri dari daging, berkhasiat sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk kekebalan tubuh maupun penawar racun.

Selain itu, lintah laut juga dapat digunakan untuk menambah vitalitas kaum pria. Setelah lintah dikeringkan, kemudian dihaluskan untuk dibuat ekstrak baru diminum. "Lintah ini bisa untuk obat kejantanan lho, tapi saya belum mencobanya," kata Heru sambil tertawa.
Sumber Artikel :
http://regional.kompas.com/read/2011/06/10/15444620/Khasiat.Lintah.Raksasa.buat.Kejantanan .

No comments: